Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Nullam eu est quis enim commodo aliquet. Vestibulum eleifend venenatis massa. Curabitur rutrum accumsan felis. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas. Phasellus ut augue eu purus iaculis viverra. Maecenas vehicula dictum diam.

Read More

Kesepian :)

Definisi

Kesepian itu adalah kurangnya kontak dengan orang lain. Seseorang merasa sendirian, atau kehilangan sesuatu dalam berhubungan dengan orang lain. Kesepian adalah suatu perasaan pribadi: orang lain tidak ada yang tahu  apakah ia dalam perasaan kesepian. Ada orang yang jarang berkomunikasi dengan orang lain tapi tidak merasa kesepian, namun ada orang lain yang merasa kesepian walaupun banyak berkomunikasi dengan orang lain.
Tanda-tanda

Tanpa komunikasi tidak ada orang yang dapat hidup sehari-hari. Hal yang umum bagi setiap orang untuk memberikan perhatian atau menerima perhatian, berbagi dan bertukar pengalaman: baik hal umum, sehari-hari, ataupun kejadian yang penting. Setiap orang melihat kebutuhan suatu hubungan dengan tingkatan yang berbeda-beda, tapi tanpa adanya hubungan, maka datanglah kesepian. Seseorang dapat merasa kesepian jika ia tidak dapat memenuhi keinginannya, misalnya dalam hal berteman. Ada banyak tipe kesepian. Ada yang kehilangan suatu kesenangan, ada yang kehilangan suatu persahabatan, ada juga yang kehilangan teman-hidup, suatu perasaan yang kamu rasa spesial buat seseorang.

Rasa ini dapat disebabkan oleh kuantitas kontak dengan orang lain, namun juga bisa dari kualitas (atau isi) dari kontak dengan orang lain tersebut. Ada orang yang merasa kesepian setelah kejadian2 tertentu, misalnya ditinggal pergi teman-hidup atau pindah rumah; namun ada orang yang merasa selalu kesepian. Secara umum, orang yang merasa kesepian, sebenarnya merasa terisolasi.

Ada tanda-tanda dimana kesepian dapat terlihat dari bahasa tubuh. Penyelidikan pada orang dewasa, menunjukkan bahwa orang yang kesepian memiliki lebih banyak masalah kesehatan. Mereka lebih sering pergi ke rumah-sakit atau dokter. Namun dilihat dari sisi luar ini, sulit mengidentifikasi bahwa seseorang sedang merasa kesepian. Terkadang orang terlihat lebih riang dari luar dibandingkan apa yang ia rasakan dari dalam.

Permasalahan
Kesepian banyak berhubungan dengan karakter pribadi seseorang.  Setiap orang tahu benar perasaan dari kesepian, dan setiap orang menanggapinya berbeda-beda. Penyelesaian dari kesepian, membutuhkan sikap aktif dan positif, dan sering masalah tersebut timbul tanpa diduga-duga.

Kesepian juga berhubungan dengan kehilangan. Ia dapat timbul karena seseorang merasa kehilangan orang yang penting bagi dia. Misalnya terjadi pada orang dewasa, dimana teman-hidupnya meninggal dunia.

Orang yang berdasarkan atas keinginan sendiri untuk hidup sendiri, akan lebih sering merasa kesepian. Juga kehilangan dari orang-orang yang agak jauh pun dapat menyebabkan rasa kesepian ini. Hal ini dapat terjadi karena perubahan lingkungan sekitar, misalnya pindah rumah atau pindah pekerjaan.

Pada suasana seperti ini, kesepian menjadi suatu dilema. Orang-orang disekitar kita berubah dan harapan kita pun berubah. Kita hidup dalam lingkup orang-orang yang kita kurang kenal, seperti sebelumnya dengan keluarga dan kerabat, desa dan tetangga; sehingga perlu dengan usaha sendiri mencari kontak dengan orang lain. Masih banyak orang yang hidup sendiri atau dalam lingkup kecil dan terisolasi. Sedangkan suatu saat, kita pasti mengharapkan sesuatu dari orang lain: misalkan kita perlu berbicara tentang sesuatu, mengerti tentang hal tersebut, dan akhirnya berinteraksi dengan hal tersebut.

Kombinasi dari kurangnya kontak dengan orang lain dan keinginan yang lebih, dapat menyebabkan perasaan kehilangan ini.

Selesai :).

BERITA BINUS : BINUS DALAM SEPEKAN (4 – 10 OKTOBER 2019)

Filed under:Umum

Leave a Reply